Sunday , 8 September 2024

Melalui Zoom Meeting, Walikota Manado ikuti Pembekalan Pemerintahan Dalam Negeri

Walikota ikuti Pembekalan Pemerintahan Dalam Negeri Lanjutan dalam bentuk Zoom Meeting//

Manado, SpiritKawanuaNews.com || Walikota Manado Andrei Angouw mengikuti Pembekalan lanjutan tentang Pemerintahan dalam Negeri lewat zoom meeting diruang kerjanya. Rabu (27/10/21).

Kegiatan ini lanjutan dari kegiatan Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri Gelombang Ketiga dan Keempat yang sudah diikuti Walikota sejak beberapa waktu yang lalu.

Seperti biasanya, agenda hari ini mendengar pemaparan beberapa materi dari nara sumber dan untuk sesi pertama materi pembelajaran hari ini adalah
dari Menteri Kesehatan R.I
tentang Perkembangan Penanganan Covid 19 di Indonesia saat ini.

Ikut dipaparkan tentang Strategi Penanganan Pandemi yakni Deteksi, Terapeutik dan Vaksinasi, sehingga perlu ada perubahan perilaku.

BACA JUGA  Polda Sulut Seriusi Kasus Money Politik, Satu Caleg Ditetapkan Tersangka

Menteri juga menjelaskan tentang Aplikasi PeduliLindungi yang telah diupdate untuk diterapkan diberbagai sektor serta Progres Implementasi PeduliLindungi.

Varian-varian dan varian Delta lainnya di Indonesia ikut diuraikan termasuk Provinsi yang mengalami kenaikan kasus konfirmasi serta Kab/Kota di 30 Provinsi yang mengalami trend peningkatan.

Terakhir Menteri menjelas tentang Ketersediaan vaksin Covid 19 serta progres rilis dan distribusi vaksinnya.

Materi selanjutnya adalah òdari Dirjen Perimbangan oKeuangan Kementerian Keuangan yang memaparkan soal Penganggaran diera Pandemi ini terutama disampaikan soal kebijakan pemerintah pusat soal refokusing.

Ikut dibahas dalam dialog tanya jawab adalah kebijakan-kebijakan dalam kaitan dengan peningkatan PAD didaerah-daerah.

Sesi berikutnya adalah Materi dari Menkopolhukam tentang Kepemimpinan dan Stabilitas Politik serta Kepemimpinan dan Sistem Politik.

BACA JUGA  Ribuan Liter Miras Serta Sejumlah Sajam di Musnahkan Polresta Manado

Ikut digambarkan tentang Pembentukan Kebijakan dengan jabaran tentang supremasi hukum, kepemimpinan di daerah dan adagium yakni demokrasi tanpa hukum bisa anarki (liar), hukum tanpa demokrasi bisa sewenang-wenang. Bagi Menkopolkam Pahami dan hayati Pancasila bukan sekedar aturan hukum formalnya tetapi juga pesan moralnya.

Selesai Menkopolkam, materi selanjutnya adalah tentang Penguatan Ketahanan Pangan yang disampaikan oleh Sekjen Kementerian Pertanian.

Sesi Sekjen Deptan ini merupakan sesi terakhir untuk hari ini yang menguraikan soal Kebijakan Penguatan Ketahanan Pangan Rakyat di Masa Pandemi. Hal-hal penting yang disampaikan adalah Penguatan Ketersediaan Pangan, Penguatan Aksesbilitas Pangan dan hal-hal lain seperti KUR untuk membantu petani.

(**/SP)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published.