Sunday , 8 September 2024

HUT ke-51 Tahun, Walikota Andrei Angouw Terus Membangun Kota Manado

SPIRITKAWANUANEWS–Tepat hari ini, Senin 23 Mei 2022, Walikota Manado Andrei Angouw berhari ulang tahun ke 51 tahun. Siapa yang tidak kenal Walikota Manado yang viral karena menjadi Walikota Manado pertama yang beragama minoritas yaitu Konghucu, namun sangat menjunjung yang namanya toleransi warga Manado.

Sosok dari Walikota Manado ini teramat menarik untuk disimak. Apalagi dirinya sudah malang melintang di dunia politik Sulut. Pria kelahiran tahun 1971 ini menamai perjalanan hidupnya adalah tukar menukar antara tantangan, rintangan, peluang, dan ujian.

Setelah menyelesaikan studi di University of Southern California di Amerika Serikat tahun 1994, Andre Angouw muda kembali untuk bekerja di Manado. Mimpinya adalah untuk membangun kota Manado.

Tahun 2003, Walikota melabuhkan hatinya pada sosok Irene G Pinontoan dan menikah. Keduanya diberkati dengan tiga orang putra, Ansell, Abillio dan Anthony Angouw serta seorang putri Annabel Angouw.

Tahun 2016, tepatnya tanggal 16 Februari, Andrei Angouw dilantik Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara. Jabatan yang sama dipercayakan PDI Perjuangan sebagai partai pemenang Pileg 2019 pada Andrei pada Oktober 2019. Setelah 11 bulan berada di posisi ini, Andrei diusung PDI Perjuangan di Pilwako Manado dan menang.

BACA JUGA  Wali Kota Andrei Angouw Ikuti Jalan Sehat Dalam Rangka HUT GMIM

Dilansir dari wawancara Andrei Angouw dengan Manadopost.id, ternyata keterpanggilan Andrei Angouw untuk menjadi Walikota Manado adalah dari keresahannya atau ketidakpuasannya melihat keadaan Kota Manado. “Tahun 2000-an setelah saya kembali dari Amerika, saya berpikir, untuk bisa membenahi Kota Manado, tentu harus masuk ke politik. Jadilah saya tertarik dengan politik,” sebutnya.

Berkiprah di Partai Moncong Putih, AA sebutan akrab Andrei Angouw membeberkan, dirinya diajak oleh Almarhum Freddy Sualang yang saat itu Ketua PDI Perjuangan Sulut. “Pak (Freddy) Sualang yang panggil. Juga dorongan Pak SHS (Sinyo Harry Sarundajang). Waktu itu mereka baru terpilih (gubernur dan wakil gubernur). Saya langsung masuk kepengurusan PDI Perjuangan, menjadi wakil ketua. Saat itu tahun 2005. Jadi kalau mau hitung saya sudah periode keempat di DPD PDI Perjuangan Sulut,” sebutnya.

BACA JUGA  AA-RS Dampingi Siti Atiqoh di Pasar Bersehati, Siti Atiqoh Puji Kemajuan Kota Manado

Peraih gelar Bachelor of Science in Industrial and System Engineering (1989-1992) dan Master of Science in Engineering Management (1992-1994) University of Southern California, Los Angeles, USA, ini juga mengungkapkan, karirnya di dunia politik PDI Perjuangan bukan selalu mulus. Dirinya bahkan mengaku hampir dipecat partai. “Tahun 2010 hampir dipecat. Tapikan tidak kemana-mana. Bukan 10 tahun ini cuaca cerah terus. Ada juga lewati badai, tapi tetap tidak kemana-mana,” sebutnya.

Setelah satu tahun memperbaiki Kota Manado, Alumnus SMA Rex Mundi Manado itu yakin bakal terus membangun Kota Manado agar lebih indah dan nyaman ditinggali. Hal itu satu persatu sudah diwujudkan Walikota Andrei Angouw bersama rekannya Wakil Walikota Richard Sualang. Di HUT ke 51 Tahun, Walikota Andrei Angouw punya kerinduan untuk terus memberikan yang terbaik bagi Kota Manado dengan kerja nyatanya di tengah masyarakat.

Di HUT ke 51 Tahun ini, walikota yang punya hobi berlayar dengan speed boat itu mendapatkan banyak ucapan dan doa dari warga kota Manado melalui media sosial Facebook. “Selamat Hut Walikota Manado Bapak. Andrei Angouw … TUHAN YESUS memberkati dlm segala hal,” sebut akun FB Noldi Lela.

BACA JUGA  IKM Ditatar Pengetahuan Digitalisasi Produk, Wawali Sualang Apresiasi Kegiatan

Senada akun FB Andrew Hansang, “Selamat HUT ke-51, Pimpinanku Wali Kota Manado Andrei Angouw, Diberkati selalu,” sebutnya.

“Selamat HUT Bapak Walikota Manado Andrei Angouw, Panjang Umur Sehat Selalu, Di Berkati Tuhan Selalu baik Bersama Keluarga,juga dalam Tugas Tanggung Jawab Sebagai Pemimpin Kota Manado. Sukses dan selalu di mampukan,” sebutnya akun Jermia S.

“Selamat Ulang Tahun ke 51 torang pe Walikota Manado Bpk. Andrei Angouw. Semoga selalu diberikan kekuatan dalam menjalankan Tugas dan tanggung jawab dalam mempimpin Kota Manado menuju Manado maju dan sejahtera. TUHAN SENANTIASA MEMBERKATI,” sebut warga Paal Dua Kota Manado melalui akun FB Kecamatan Paal Dua.

(rgm)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published.