Sunday , 8 September 2024

Virus Monkeypox Atau Cacar Monyet Mulai Menyebar Keseluruh Dunia, Apakah Indonesia Termasuk?

SpiritKawanua – Dimasa Wabah Covid 19 yang belum berakhir, sejumlah negara kini didatangkan oleh wabah baru bernama Cacar Monyet atau Monkeypox.

Wabah ini diketahui telah menyebar di berbagai negara, salah satunya adalah Singapura.
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia mengatakan kasus penyebaran wabah ini masih belum ditemukan di Indonesia tetapi kita harus terus melakukan pengawasan terhadap perkembangan wabah ini.

Indonesia masih meliihat dan mengawasi perkembangan wabah Cacar ini karena diketahui sudah 43 negara yang didapati telah terkena dampak dari wabah tersebut.

Wujud pengawasan dan kewaspadaan ini diberikan khususnya kepada maskapai penerbangan dan pelabuhan antar negara.

Maskapai harus melakukan pemantauan terhadap penumpang yang diketahui dalam keadaan sakit atau mempunyai riwayat sakit, pengawasan ini harus dilakukan terutama pada negara yang diketahui telah terkena dampak wabah ini.

BACA JUGA  Doa Warga Sulut Terjawab, Bharada E Hanya Divonis Hakim 1,5 Tahun Penjara

Indonesia telah menaikan tingkat kewaspadaan di pintu masuk negara Indonesia dibagian darat, laut, udara.

Kemenkes menjelaskan bahwa penyakit ini sudah ada sejak tahun 1985, saat itu penularan wabah ini hanya dari hewan ke hewan, namun seiring berjalan nya waktu wabah ini menular ke manusia.

Cacar monyet ini diketahui menjadi wabah di Afrika Tengah dan kemudian beberapa tahun ini mulai menyebar ke wilayah negara lain.

Kemenkes juga menjelaskan bahwa wabah ini dapat sembuh sendiri sangat kecil kemungkinan penderita penyakit ini meninggal dunia, buktinya saat ini dari banyak negara yang sudah terdapat kasus cacar monyet ini belum ditemukan adanya korban jiwa.

Penderita penyakit ini bisa sembuh sendiri dan kira kira butuh waktu sekitar 1 minggu bagi penderita penyakit ini agar bisa sembuh.

BACA JUGA  Wakil Gubernur Jawa Barat, mengeluarkan permintaan maaf Terkait Kasus Tasikmalaya

Tetapi, walaupun wabah ini tidak menimbulkan penyakit yang berat kemenkes tetap melakukan upaya untuk mencegah penularan penyakit ini karena di Indonesia kita masih mewaspadai penyakit hepatitis aku dan juga covid 19.

Penyakit cacar monyet diketahui menyebar seperti virus covid, wabah ini menular dari kontak langsung dengan penderita penyakit tersebut.

Maka dari itu kemenkes menghimbau kepada seluruh warga untuk tetap menjaga protokol kesehatanetap mewaspadais emua jenis penyakit yang menular.

(EF)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published.