Friday , 20 September 2024
Chelsea

5 Bek Termahal yang Pernah Digaet Chelsea: Dari David Luiz Hingga Kalidou Koulibaly

Chelsea

Chelsea sudah memiliki pemilik baru sebulan yang lalu. Meski tidak berjalan seperti era Roman Abramovich yang sempurna, setidaknya The Blues kembali ke jalur yang benar.

Chelsea telah menandatangani Raheem Sterling. Setelah kepergian Antonio Rudiger dan Andreas Christensen, perombakan di lini pertahanan sangat dibutuhkan.

Pada tahun 2004, Jose Mourinho menanamkan seni bermain bertahan di Chelsea dan membuktikan bahwa pertahanan yang hebat dapat membawa tim meraih trofi. 18 tahun kemudian, The Blues membuktikan bahwa mereka memiliki bek terbaik di dunia.

Kalidou Koulibaly baru-baru ini ditandatangani oleh The Blues. Dia bisa bekerja sama dengan Thiago Silva di lini tengah pertahanan tim musim depan. Koulibaly dibeli dengan harga yang tidak murah, meski The Blues jarang mengeluarkan banyak uang untuk bek.

Dari catatan tersebut, inilah lima bek termahal yang pernah digaet Chelsea:

David Luiz

David Luiz, yang direkrut Chelsea dua kali dalam satu dekade terakhir, adalah salah satu bek terbaik yang pernah bermain di Stamford Bridge di era Roman Abramovich.

Pemain Brasil tersebut agresif, berkelas, dan memiliki kemampuan luar biasa. Meski Chelsea tidak membayarnya sebanyak ketika mereka mengontraknya pada 2011, manajemen The Blues menghabiskan 35 juta euro untuk memboyongnya kembali ke Stamford Bridge dari Paris Saint-Germain (PSG) pada 2016.

David Luiz membuat 109 penampilan untuk Chelsea dalam periode keduanya bersama klub dan menyumbang delapan gol. Dia juga memenangkan Liga Premier, Piala FA, dan Liga Europa.

BACA JUGA  Tips dan Panduan Lengkap Menentukan Penamaan Start pada Lari

Perlu dicatat bahwa bintang Brasil memenangkan Liga Europa, Liga Champions dan Piala FA selama mantra pertamanya di Stamford Bridge, yaitu 2011-2014.

Hal tersebut membuat David Luiz sangat dihormati di Stamford Bridge, meskipun ia pindah ke Arsenal pada 2019. Pemain tersebut saat ini bermain untuk Flamengo di Liga Brasil dan bisa pensiun dalam beberapa tahun ke depan.

Juan Cuadrado

Juan Cuadrado tiba di Stamford Bridge dari Fiorentina pada Januari 2015, setelah didatangkan oleh Jose Mourinho sebagai bagian dari perombakan timnya untuk melewati musim di mana mereka memenangkan gelar.

Meskipun Cesc Fabregas dan Diego Costa tiba di musim panas, Cuadrado membuat pemain yang cerdas di jendela transfer musim dingin. Pemain Kolombia ini bermain di sayap kanan dengan antusiasme dan kreativitasnya.

Chelsea menghabiskan hingga €31 juta untuk mendapatkan Cuadrado, terutama karena dia adalah pemain serba bisa.

Namun, waktu Cuadrado di Stamford Bridge sangat singkat . Pasalnya, Cuadrado hanya 15 kali bermain di semua kompetisi bersama Chelsea. Lalu ia dipinjamkan ke Juventus pada musim panas 2015.

Pemain tersebut akhirnya dijual ke Juventus dua tahun berselang dan bisa dibilang menjadi satu dari bisnis transfer terburuk yang telah dilakukan The Blues dalam satu dekade terakhir.

Antonio Rudiger

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Antonio Rudiger telah memutuskan untuk meninggalkan Chelsea setelah lima tahun yang sensasional bersama The Blues.

Pemain asal Jerman itu pergi dengan cuma-cuma, namun sesampainya di Stamford Bridge, harga yang dipatok sangat fantastis untuk seorang bek 35 juta euro dari AS Roma.

BACA JUGA  Hasil Laga Pramusim New York RB vs Barcelona: Dembele Tampil Impresif, Blaugrana Menang 2-0

Antonio Rudiger tampil mengesankan bersama Roma dan merupakan pilihan ideal bagi Chelsea, terutama karena mereka telah memainkan tiga bek tengah di bawah asuhan Antonio Conte.

Rudiger membuktikan dirinya sukses di bawah Conte dan Sarri. Namun, ia kehilangan tempatnya saat Lampard direkrut The Blues sebagai manajer tim.

Namun, kedatangan Thomas Tuchel musim lalu membawa Rudiger kembali ke pertahanan The Blues. Rudiger bermain dalam format tiga bek tengah, bersama Thiago Silva dan Cesar Azpilicueta.

Antonio Rudiger memenangkan Liga Champions pada 2021 sebelum mengangkat trofi Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub musim lalu.

Bek tengah Jerman itu membuat 202 penampilan untuk Chelsea, mencetak 12 gol dalam periode tersebut. Akan sulit menemukan pengganti Rudiger musim panas ini.

Ben Chilwell

Skuat Chelsea besutan Frank Lampard pada musim 2019/2020 menunjukkan ketangguhan yang luar biasa sebagai tim yang relatif muda, ditambah beberapa pemain berpengalaman yang berhasil mengamankan satu tempat di Liga Champions.

Jadi wajar saja jika Abramovich mengizinkan Lampard untuk mengontrak pemainnya sendiri pada musim panas 2020, setelah larangan transfer dicabut.

The Blues menghabiskan lebih dari 200 juta euro pada musim panas itu, termasuk mengontrak Ben Chilwell seharga 50,2 juta euro dari Leicester City. Bintang sepak bola Inggris punya bakat yang terbukti, dan pada usia 23 memiliki potensi untuk menjadi bek sayap terbaik di liga.

BACA JUGA  Hasil Pertandingan Liga Italia Atalanta vs Cremonese: La Dea ditahan Imbang 1-1

Dua tahun kemudian, Chilwell tidak memenuhi harapan, tetapi dia telah membuktikan bahwa dia dapat mencapai hal yang sama.

Bek kiri ini telah membuat 55 penampilan untuk klub dan memainkan peran kunci dalam memenangkan gelar Liga Champions 2021. Selama proses tersebut, ia juga telah mencetak tujuh gol dan memberikan delapan assist.

Namun, Chilwell melewatkan sebagian besar pertandingan di paruh kedua musim lalu karena cedera ligamen anterior. Namun, dia sekarang telah pulih dan sekarang tertarik untuk membuktikan kualitasnya kepada pemilik baru klub.

Kalidou Koulibaly

Kalidou Koulibaly adalah rekrutan terbaru di Stamford Bridge dan pemain yang telah berulang kali mencoba untuk bergabung dengan Chelsea dalam beberapa tahun terakhir.

Meski memiliki satu tahun tersisa di kontraknya dengan Napoli, mantan bintang itu kini telah bergabung dengan Chelsea dengan nilai transfer 38 juta euro.

Namun, konsorsium yang dipimpin Todd Boehly akan senang dengan kesepakatan itu karena perombakan pertahanan diperlukan dan Koulibaly adalah salah satu bek tengah terbaik di dunia saat ini.

Pemain berusia 31 tahun itu mungkin sudah berusia lanjut, namun sejauh ini belum menunjukkan adanya penurunan kualitas di lini pertahanan. Bahkan, pengalamannya akan sangat berharga, apalagi jika Cesar Azpilicueta meninggalkan Stamford Bridge musim panas ini.

Koulibaly adalah bek yang andal dan berbakat, dan Chelsea telah merekrut pemain bagus, sehingga mereka akan memiliki pertahanan yang kuat untuk musim mendatang.

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published.