Sunday , 8 September 2024

Upaya Pengembangan Destinasi Wisata Bunaken, Dispar Kota Manado Gelar Sosialisasi Jadesta

SPIRITKAWANUANEWS–Dalam upaya meningkatkan sektor pariwisata Kota Manado, Dinas Pariwisata gerak cepat serta gencar melakukan sosialisasi. Terbaru, Dinas Pariwisata Kota Manado turun langsung ke Pulau Bunaken menggelar Sosialisasi Jaringan Desa Wisata (Jadesta) Dalam Rangka Pemberdayaan masyarakat untuk pengelolaan Destinasi Wisata, Kamis (21/7).

Dalam sosialisasi tersebut, sejumlah perwakilan warga pelaku usaha dan homestay di Bunaken turut menjadi peserta sosialisasi. Disampaikan Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Hesdy Korompis, sosialisasi Jadesta merupakan salah satu program pemerintah dalam upaya mengembangkan destinasi wisata. “Tujuannya kita mau menggerakan masyarakat bersama pemerintah kelurahan dalam pengelolaan desitinasi wisata. Jadesta ini juga salah satu program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai wadah promosi wisata. Ketika Jadesta ini sudah terbentuk dan rangkum, bisa mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI),” ungkapnya.

BACA JUGA  Amankan Penyeberangan Jalur Laut, Polsek Pelabuhan Gelar Patroli

Dia berharap, dengan sosialisasi ini, keikutsertaan Kelurahan Bunaken bisa lebih aktif dalam Jadesta. “Untuk itu kita sosialisasi ini digelar supaya pemerintah kelurahan dan masyarakat sebagai pelaku usaha bisa berkolaborasi aktif dalam pengelolaan destinasi wisata. Karena tujuan utama adalah meningkatkan kunjungan wisata sehingga bisa meningkatkan PAD dan ujung-ujungnya kesejahteraan masyarakag di Bunaken. Supaya visi-misi Walikota dan Wakil Walikota AA-RS yaitu Menuju Manado Maju dan Sejahtera sesuai Visi-Misi bisa tercapai,” tukas Korompis.

Terpisah, sebagai salah satu narasumber, Staf Khusus Walikota Bidang Pembangunan Corry Caroles mengaku bersyukur Walikota dan Wakil Walikota AA-RS terus memberi perhatian kepada wisata Bunaken. “Selama kepemimpinan sudah banyak perubahan, dari segi infrastrur dan masih banyak lain. Jadi ini Bunaken sudah sangat siap menyambut wisatawan. Tinggal pelaku usaha dan pengelola homestay bisa lebih memperhatikan kebersihan dan detail-detail lainnya untuk mengundang wisatawan hadir di Bunaken,” pungkasnya.

BACA JUGA  Momen Langkah, Sekda Lakat Sambut Kedatangan Walikota Miyako Jepang

Sementara itu Lurah Bunaken Rony Caroles mengapresiasi Dinas Pariwisata yang menggelar sosialisasi di Kelurahan Bunaken. “Dengan sosialisasi ini diharapkan bisa meningkatkan kapasitas warga para pelaku usaha dan homestay supaya dapat meningkatkan pengetahuan dalam rangka menjalankan usaha pariwisata di Bunaken. Berterimakasih dan apresiasi kepada Dinas Pariwisata yang sudah memberi diri dalam sosialisasi sebagai upaya meningkatkan sektor pariwisata di Pulau Bunaken,” tandasnya.(rgm)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published.