Thursday , 19 September 2024

LIPUTAN KHUSUS TIFF 2022, TIFF 2022 DIHARAPKAN MAMPU PULIHKAN EKONOMI SULUT!

Spiritkawanuanews. Tomohon,- Acara akbar Tomohon International Flower Festival/ TIFF 2022 resmi digelar. Acara yang telah 2 tahun vakum akibat pandemi covid19 ini akhirnya kembali dilaksanakan dengan kompleks menara alfa omega sebagai lokasi utama perhelatan acara ini.

 

Mengusung tema: Tomohon Greets The World, kegiatan ini menjadi salah satu dari Kharisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia di tahun 2022. TIFF 2022 sedianya akan berlangsung dari 8 Agustus 2022- 14 Agustus 2022 mendatang.

Acara dimulai pukul 10.00 wita (Senin, 8/08/22) dengan agenda utama Tournament of Flower (ToF) atau parade kendaraan hias, flower carnival dan flower girl performance. Ribuan masyarakat local, turis lokal dan turis yang berasal dari luar negeri tumpah ruah disepanjang jalan utama Kota Tomohon dari Kakaskasen- Walian antusias ingin menyaksikan acara ini.

Acara dimulai dengan ucapan selamat datang oleh Walikota Tomohon, Caroll J.A Senduk,SH. “Pemerintah Kota Tomohon bersama panitia berkomitmen pada penyelenggaraan TIFF 2022, tetap melibatkan potensi lokal Kota Tomohon. Semua jenis bunga yang digunakan adalah hasil dari para petani bunga Kota Tomohon. Demikian juga para dekorator float adalah warga masyarakat Kota Tomohon, hingga harapan kami hal- hal ini dapat menggerakkan perekonomian Tomohon, termasuk pemanfaatan sejumlah jenis hasil karya UMKM.” Ujar Senduk.

BACA JUGA  PIMPINAN DAN ANGGOTA DPRD KOTA TOMOHON LAKSANAKAN RESES, TURUN LANGSUNG BERSENTUHAN DENGAN WARGA

 

Dalam momen ini juga turut diserahkan Sertifikat Gereja Tua Sion Tomohon sebagai Situs Cagar Budaya peringkat Nasional oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, melalui Kepala Badan Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo UPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI Drs Muhammad Natsir MPd.

 

Pada sambutannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, DR. H. Sandiaga S. Uno, BBA, MBA memberikan apresiasi bagi pemerintah Kota Tomohon atas komitmen melangsungkan TIFF 2022 di tengah pemulihan karena pandemi Covid 19.

 

Sandi Uno berharap event ini akan memberi dampak sosial, ekonomi, dan budaya bagi masyarakat Sulawesi Utara secara umum dan bagi Kota Tomohon secara berkelanjutan. Ia bahkan mengungkapkan bahwa pada tahun 2045 Indonesia diproyeksi akan menjadi salah satu negara dengan ekonomi terkuat di dunia. Kehadiran Menteri Parekraf diwakili oleh Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Krisis KemenParekraf RI, Fadjar Hutomo.

 

Ditayangkan juga video ucapan salam dan ucapan selamat atas diselenggarakannya TIFF 2022 dari Ketua Panitia TIFF 2022, Vonny J. Pangemanan, Walikota Pasadena California USA Mr. Victor M. Gordo, juga dari Menparekraf RI Sandiaga Uno.

BACA JUGA  CSWL IKUTI PIDATO PRESIDEN JOKOWI DAN SIDANG PARIPURNA ISTIMEWA DPR, MPR, DPD RI TAHUN 2022.

TIFF 2022 dibuka secara oleh Gubernur Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey. Olly bahkan memberi apresiasi kepada Pemerintahan CSWL untuk acara ini. “Banyak harapan masyarakat untuk penyelenggaran kegiatan ini. Satu yang perlu kita syukuri, dampak dari kegiatan-kegiatan yang kita laksanakan, pertumbuhan ekonomi di Sulut mencapai 5,93%, berada di atas rata-rata nasional,” kata Olly.

Gubernur menyebut, pertumbuhan ekonomi Sulut tersebut tidak lepas dari sumbangsih kegiatan pertanian yang dilakukan oleh para petani bunga di Tomohon.

“Tentunya kita bersyukur, karena sumbangan-sumbangan pertumbuhan ekonomi kita itu termasuk dari petani-petani bunga disini. Yang biasanya pertumbuhan ekonomi kita ditopang oleh sektor pariwisata, tapi kali ini ditopang juga oleh pertanian,” ujarnya.

TIFF 2022 kemudian dilanjutkan dengan Tournament of Flower, dimeriahkan dengan kendaraan hias diikuti 5 negara sahabat, diantaranya yaitu Amerika Serikat, Belanda, Korea Selatan, Jepang dan Singapura. Selain itu, turut ikutserta Kemenparekraf, PGE Lahendong, Bank Indonesia, BI, BNI, BRI, BCA, dan Bank SulutGo serta sejumlah perwakilan Kota/ Kabupaten, sponsor dan undangan.

BACA JUGA  Ini Kata Sekdakot Roring Soal Pengadaan P3K

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Sulut Steven O.E. Kandouw, Staf Ahli Bidang Manajemen Krisis Kemenparekraf Fadjar Hutomo, Ketua TP-PKK Pusat Tri Tito Karnavian, Nur Asia yang juga Istri Menteri Parekraf Sandiaga Uno, jajaran Forkopimda Sulut, serta Sekretaris TP-PKK Sulut Kartika Devi Kandouw-Tanos.

Turut hadir pula, Charge De Affairs Bosnia dan Herzegovina Mr Moncilo Vukovic, Konsulat Jenderal Jepang Mr Yasue Katsunobu, Konsul Muda Jepang Mr Kawase Naoto, Konsulat Jenderal Filipin Ms Angelica Escalona, Staf Ahli Sosial Budaya dan PMILN Kementerian Luar Negeri Duta Besar Siti Nugraha, Anggota DPR RI Adriana Dondokambey MSi, Anggota DPD RI Dr Maya Rumantir, Ketua umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian, Nur Asia Uno istri dari Menparekraf RI, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Drs Mulyatno SH MM bersama unsur Forkopimda Provinsi Sulut, para Kepala Daerah di Sulut, para tamu undangan dari negara-negara sahabat, serta para stakeholder terkait.

TIFF 2022 masih akan berlangsung hingga 14 Agustus mendatang. Kendaraan hias peserta TOF sementara terparkir di lapangan Babe Palar Tomohon, sejumlah side event TIFF juga akan dipusatkan ditempat itu. *(faldi)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published.