Sunday , 8 September 2024

Rapat Konsultasi DPRD Minahasa Selatan Bahas Kelanjutan R-APBD Tahun 2024 dan Evaluasi APBD Tahun 2023

Minsel, SpiritKawanua – Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan bersama Ketua-Ketua Fraksi DPRD menggelar rapat konsultasi guna membahas kelanjutan Pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) Kabupaten Minahasa Selatan Tahun Anggaran 2024. Rapat ini menjadi penting dengan diterapkannya Permendagri Nomor 15 Tahun 2023 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2024.

Rapat konsultasi juga melibatkan Badan Anggaran (Banggar) dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) beserta perangkat daerah dan unit kerja yang mengelola pajak dan retribusi daerah. Pembahasan Raperda Kabupaten Minahasa Selatan tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2024 menjadi fokus utama, sesuai dengan ketentuan Permendagri yang baru.

BACA JUGA  Bupati FDW Hadiri Shalat Idul Fitri 1S 1443H Di Halaman Kantor Bupati Minsel

Dalam rapat tersebut, Banggar bersama TAPD secara intens membahas tindak lanjut Keputusan Gubernur Sulawesi Utara Nomor 389 Tahun 2023 yang mengenai evaluasi terhadap Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Minahasa Selatan tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023. Selain itu, rapat juga membahas Rancangan Peraturan Bupati Minahasa Selatan tentang Penjabaran Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023.

Ketua DPRD Minahasa Selatan menyatakan, “Rapat konsultasi ini penting untuk memastikan keselarasan antara rencana anggaran daerah dengan peraturan yang berlaku. Kami berkomitmen untuk menghasilkan R-APBD yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat, sekaligus mematuhi regulasi pemerintah.”

Dalam suasana yang penuh kerjasama, rapat ini menjadi wadah bagi seluruh unsur terkait untuk saling berkoordinasi dan bersinergi demi mencapai hasil yang optimal. Keputusan dan kesepakatan yang dihasilkan dalam rapat ini diharapkan dapat menjadi dasar yang kokoh untuk penyusunan anggaran yang transparan, akuntabel, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat Minahasa Selatan. (Irto)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published.