Saturday , 7 September 2024

Dibeber Supir Truk, SPBU Ringroad Jadi Sorotan, Diduga Lakukan Permainan Harga Solar Subsidi

SPIRITKAWANUANEWS — Permainan harga BBM Solar bersubsidi nampaknya masih terus menjadi buah bibir di Sulut. Praktek ilegal tersebut disinyalir sering dilakukan oknum petugas SPBU nakal yang ingin meraup keuntungan lebih.

Praktek nakal tersebut disinyalir juga terjadi di SPBU Ring Road dekat Kampus IAIN. Berdasarkan informasi, para operator dan petugas SPBU di Ring Road sengaja menaikkan harga BBM Solar Subsidi dari harga yang sudah ditentukan pemerintah. “Kalau biasanya per liter Rp6.800, mereka jual Rp7.500. ini praktek sudah lama mereka bikin,” ungkap salah satu supir truk berinisial R yang ditemui wartawan Selasa, (5/12).

Dijelaskannya, dalam alat nozzle tertera harga 6.800 rupiah, namun uang yang diminta operator dipatok 7.500 rupiah.

BACA JUGA  "Tegas" Buang Sampah Sembarangan Di Kota Manado Langsung Kena Tipiring, April 2023 113 Pelanggar Kena Tipiring

Begitu juga bagi supir truk yang sudah memiliki kedekatan dengan operator, bahkan mengisi sendiri dari nozzle. “Padahal itukan tidak boleh setau saya. Tapi mungkin ada perlakuan khusus untuk supir yang sudah ada kedekatan,” bebernya.

Praktek ilegal dari SPBU Ring Road ini ternyata tidak pernah tersentuh oleh aparat penegak hukum (APH). Sehingga dia menduga praktek ini sudah ada kong kali kong. “Mereka (APH) pasti tahu. Tapi kan tidak pernah bertindak, mungkin sudah terima juga,” duganya.

“Tapi kalau bisa ini harus ditindak, karena keuntungan dari praktek ilegal ini sangat besar sehingga sangat merugikan masyarakat,” harapnya lagi.

Sementara itu, Christian Musak pegawas SPBU Ringroad saat dikonfirmasi via WhatsApp (WA) maupun telepon genggam sama sekali tak merespon kabar tersebut.

BACA JUGA  Astaga! Sering Tak Terendus, Ternyata Ada Oknum Diduga Polwan Polda yang Jadi Mafia Solar Bersarang di SPBU Sario

Upaya konfirmasi juga sudah dilakukan dengan mendatangi SPBU Ringroad Manado, sayangnya tak ada satupun petugas yang mau memberikan pernyataan terkait informasi praktek ilegal tersebut.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Iis Kristian ketika dikonfirmasi juga belum memberikan tanggapan terkait praktek mark up harga solar subsidi tersebut.(**/Rangga)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published.