Saturday , 7 September 2024

Hebat ! Pelaporan LHKPN Pemkot Tomohon Sudah 100 Persen

SPIRITKAWANUANEWS – Tahun 2023, presentasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon telah mencapai 100 persen.

 

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kominfo Kota Tomohon Novi Politon SE MM, Kamis (13/06/2024).

 

 

“Sesuai batas waktu yang ditentukan, ada 98 pejabat Pemkot Tomohon yang menjadi wajib lapor, telah memasukkan laporan itu kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” kata Politon.

 

Dia menjelaskan, 98 pejabat wajib lapor telah memasukkan laporan, artinya semua pejabat di Pemerintah Kota Tomohon termasuk Walikota Caroll Senduk sudah 100 persen menyampaikan LHKPN. Dalam rangka merealisasikan target-target LHKPN, maka dibentuk Unit Pengelola dan Penanggung Jawab Pengurusan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (UP3L).

BACA JUGA  PARIPURNA PERTAMA TAHUN 2023 AKHIRNYA TERLAKSANA DIKOTA TOMOHON, INI AGENDANYA.

 

“UP3L ini bekerja sesuai dengan amanat Surat Keputusan Walikota Tomohon Nomor 100 tahun 2019, termasuk membantu kelancaran penyampaian LHKPN bagi Pejabat dilingkungan Pemkot Tomohon,” ungkap Politon.

 

Menurut dia, pada bulan September hingga bulan Desember 2023, diadakan pemutakhiran data Wajib Lapor LHKPN bagi penyelenggara negara yang sudah pensiun. “Setelah dilakukan Update Data, ditetapkan wajib lapor LHKPN tahun 2023 berjumlah 98 orang,” sebut Politon.

 

 

Lebih lanjut dikatakannya, pada bulan Januari 2024, diedarkan surat kepada Wajib Lapor LHKPN untuk segera melaporkan LHKPN-nya hingga tanggal 31 Maret 2024 melalui Website KPK www.elhkpn.go.id.

 

“Jadi, waktu pelaporan LHKPN tahun 2023 secara online dimulai 1 Januari hingga 31 Maret 2024, dan Pemkot Tomohon telah memenuhi batas waktu tersebut,” urai Politon.

BACA JUGA  Tingkatkan Mutu Pendidikan, Caroll Senduk : Pengelolaan Dana Bos Wajib Transparan dan Bertanggung Jawab

 

Pelaporan menggunakan sistem elektronik yang diterapkan oleh KPK sebagai bentuk tanggung jawab selaku penyelenggara negara.

 

Saat ini, katanya, LHKPN yang telah dilaporkan sementara dalam proses verifikasi oleh KPK. Setelah proses verifikasi selesai, maka yang sudah lengkap akan mendapatkan pemberitahuan.

 

“Pejabat yang memenuhi verifikasi KPK maka akan mendapatkan pemberitahuan melalui pesan singkat (SMS) bahwa LHKPN terverifikasi, dan tanda terima yang dapat diunduh lewat e-mail, ” katanya.

 

 

Politon mengatakan, proses verifikasi tersebut sepenuhnya menjadi wewenang KPK, jadi tidak bisa diketahui kapan waktu selesainya.

 

 

“Pemkot Tomohon selalu berupaya agar presentasi pelaporan LHKPN periodik 100 persen tiap tahun, disertai dengan kelengkapan data dan dokumen yang sesuai,” papar Politon

BACA JUGA  JUARA II NASIONAL, WALIKOTA TOMOHON TERIMA PENGHARGAAN DARI BKN RI.

 

Hal ini, katanya, guna mendorong mewujudkan penyelenggaraan negara yang bersih, transparan, dan akuntabel, termasuk mendorong peran serta masyarakat dalam pengawasan, sebab LHKPN dapat diakses oleh publik.

 

“Dengan laporan LHKPN, bisa diketahui kekayaan sebagai pejabat negara ada yang bertambah, baik harta yang bergerak maupun tidak bergerak,” tukasnya.

 

Dia menambahkan, Pemerintah Kota Tomohon selama dua tahun berturut-turut sejak tahun 2021 telah mencapai tingkat pelaporan dan kepatuhan 100 persen atas penyampaian LHKPN eksekutif.(**)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published.