Monday , 16 September 2024

Walikota Tomohon Terus Ikuti Arahan Presiden Jokowi, Inflasi Daerah Terkendali

SPIRITKAWANUANEWS — Walikota Tomohon Caroll Senduk SH (CS) bersama Staff Khusus Walikota dan Jajaran Pemerintah Kota Tomohon, mengikuti Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2024 lewat Zoom Meeting, Jumat (14/06/2024)

 

Presiden Joko Widodo dalam arahannya, mengatakan Kementrian Pertanian, Kementrian PU harus bekerja sama dengan TNI secepatnya memasang membangun pompa-pompa air di daerah-daerah produksi pangan.

 

 

“Kementerian/lembaga beserta kepala daerah harus terus berkolaborasi untuk menjaga level inflasi sesuai sasaran pemerintah. Agar produktifitas utamanya di pertanian dan perkebunan terus terjaga dan semakin berkembang,” pinta Presiden.

 

Sementara Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengatakan train inflasi Indonesia dalam 10 tahun terakhir menurun dan terkendali rendah bahkan termasuk terendah di dunia. Diperkirakan Inflasi Tahun 2024 dan Tahun 2025 akan terkendali tetap rendah dalam kisaran sasaran 2.5 ± 1%.

BACA JUGA  217 PPK Terima SK, Ini Pesan Walikota Caroll Senduk

 

“Bank Indonesia akan terus memperkuat bauran kebijakan dalam dalam menjaga stabilitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan bersinergi erat baik pusat maupun daerah. Dengan memastikan Inflasi tetap terkendali dan nilai tukar rupiah tetap stabil. Dengan melalui beberapa program antara lain, program ketahanan komoditas pangan, kerjasama antar daerah, fasilitas distribusi pangan serta digitalisasi,” ujar Warjiyo.

 

 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Selaku Ketua Tim Pengendali Inflasi Pusat TPIP, Airlangga Hartarto mengatakan, stabilisasi harga pangan dilakukan untuk mengatasi kenaikan harga dalam jangka pendek.

 

“Melalui SPHP (Stabilisasi Pasokan Harga Pangan), bantuan pangan, gerakan pangan murah telah berhasil menekan kenaikan harga terhadap harga pangan. Upaya yang dilakukan adalah meningkatkan produksi. Baik dengan cara penambahan alokasi pupuk subsidi, maupun akses pembiayaan untuk sektor pertanian. Penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk sektor pertanian sebesar 30 persen, terbesar kedua setelah sektor perdagangan,” ungkapnya.(**)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published.