Saturday , 7 September 2024

462.350 Tangkai Bunga Produksi Petani Tomohon Disiapkan untuk TIFF 2024

SPIRITKAWANUANEWS — Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon telah menyiapkan 462.350 tangkai bunga hasil produksi 35 kelompok tani (Poktan) untuk digunakan pada Tomohon International Flower Festival (TIFF).

 

Hal ini sebagaimana dikatakan

Kepala Dinas Pertanian Kota Tomohon Karel Lala dalam Konferensi Pers yang difasilitasi Bagian Protokol Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setdakot Tomohon, Kamis (20/6/2024).

 

 

“462.350 tangkai bunga yang disiapkan ini paling banyak adalah bunga Krisan jenis white dan yellow yang akan menjadi bahan baku pembuatan float atau kendaraan hias,” ujar Lala.

 

Dia mengatakan, bunga-bunga tersebut akan diproduksi lewat 800 mother plant yang mampu memproduksi bunga setiap dua pekan sebanyak 2000 sampai 2500 tangkai bunga, yang sudah teruji lewat laboratorium milik Dinas Pertanian sehingga kualitasnya tak perlu lagi diragukan.

BACA JUGA  Ketua PMI Tomohon Ajak Pengurus PMI Tomohon Semangat Melayani Masyarakat

 

“Dinas Pertanian sudah mengembangkan bunga Krisan ini dari tahun ke tahun secara berkelanjutan dari tahun ke tahun sebagai produk asli Kota Tomohon dengan kualitas dan variasi warna yang telah teruji,” ungkap Lala.

 

 

Dia menambahkan, Dinas Pertanian menargetkan produksi bunga dengan berbagai varietas warna sebanyak 8 hingga 10 warna kuntum bunga. “Budidaya tanaman bunga yang kami dapatkan dari balai penelitian tanaman hias, untuk varietas bunga lain, ada sekitar 1724 varietas yang masuk dan yang dikembangkan di Tomohon,” pungkasnya.(**)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published.